Sabtu, 23 Maret 2013

Bocah 5 Tahun Temukan Fosil Dinosaurus Spesies Baru


detail berita



 Seorang gadis berusia lima tahun, Daisy Morris secara tidak sengaja menemukan sebuah fosil dinosaurus terbang spesies baru. Fosil ini ditemukan di Pantai Artherfield di Isle of Wight, Inggris pada 2009 lalu.

Dilansir Sky, Kamis (21/3/2013), fosil tersebut dibawa ke paleontolog (ilmuwan dinosaurus) di University of Southampton, Dr.Martin Simpson. Setelah diteliti, diketahui bahwa fosil itu merupakan spesies baru dari kelompok Pterosaurus.
Spesies dinosaurus ini diberi nama Vertidraco DaisyMorrisae. Nama “Vertidraco” artinya naga dari Isle of Wight. Sedangkan nama “DaisyMorrisae” merupakan nama penemu fosil hewan purba ini.


Vertidraco DaisyMorrisae memiliki ukuran tubuh seperti seekor burung gagak. Ia diperkirakan hidup sekira 115 juta tahun yang lalu. Kini, fosil kelompok Pterosaurus ini telah disumbangkan ke Natural History Museum, Inggris.


“Fosil ini benar-benar merupakan jenis spesies baru berupa pterosaurus kecil. Melihat lokasi ditemukannya fosil ini dapat dipastikan bahwa Pterosaurus hidup pada masa Lower Cretaceus (115 juta tahun yang lalu),” ucap Dr. Simpson. 
Menurut  Wikipedia, Pterosaurus merupakan hewan vertebrata terbang pertama yang ada di dunia. Sayap mereka dibentuk oleh membran kulit, otot, dan jaringan lain yang membentang dari pergelangan kaki ke keempat jari kakinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...