Minggu, 10 Maret 2013

Ini Bukti Mars Pernah Kebanjiran







Permukaan Mars dipenuhi dengan saluran-saluran mirip labirin. Ilmuwan mengatakan, bukti saluran ini menunjukkan dahulu kala Mars pernah mengalami banjir air.

Dilansir Dailycamera, Jumat (8/3/2013), ilmuwan mencoba meneliti di bawah permukaan Mars dan menemukan bukti pertama dari saluran bawah tanah. Ini diduga kuat tercipta akibat banjir besar yang pernah melanda Mars ratusan juta tahun lalu.

Temuan ini diharapkan bisa menambah wawasan ilmuwan tentang peran air dalam sejarah Mars. Menggunakan sensor radar yang dimiliki Mars Reconnaissance Orbiter, tim ilmuwan berhasil membuat peta tiga dimensi (3D) pada wilayah bernama Elysium Planitia.

Menggunakan peta 3D, ilmuwan juga menemukan adanya saluran yang berada di bawah dataran Mars. "Pandangan kami dari planet merah sebagian besar telah dibatasi untuk melihat permukaan," tutur Gareth Morgan, ilmuwan dari Smithsonian Institution.

Riset yang dipublikasi dalam jurnal Science ini memberikan perspektif baru di bawah permukaan Mars. Selain itu, temuan ini juga memperlihatkan gambaran banjir masa lalu Mars, ketika planet tetangga ini sebagian besar memiliki suhu dingin dan gurun.

Saluran ini tetap tersembunyi karena wilayah aktif vulkanik telah mengisi saluran tersebut dengan aliran lava ratusan juta tahun lalu. Kabarnya, saluran kering di permukaan Mars ini pertama kali ditemukan satelit NASA Mariner 9 di 1971.

Morgan mengatakan, asal-usul banjir ini kemungkinan berasal dari reservoir (waduk) yang dalam dan kemungkinan dilepaskan oleh letusan gunung api. "Ini menunjukkan dimensi yang sama sekali baru untuk mempertimbangkan evolusi Mars," tutur John Mustard dari Brown University.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...