Minggu, 12 Mei 2013

Yuk, Saksikan Bola Api Hijau Lintasi Langit Malam



Ada yang berbeda dengan pemandangan langit malam Inggris dalam beberapa waktu ke depan. Hal ini dikarenakan akan ada bola api hijau yang melintasi langit malam Inggris dan Wales, Eropa.

Dilansir DailyMail, Jumat (10/5/2013), sebagian orang yang sempat menyaksikan pemandangan langka tersebut akan mengasumsikannya sebagai penampakan UFO. Namun, rupanya bola api hijau yang mereka lihat merupakan salah satu meteor yang berasal dari jejak debu yang ditinggalkan oleh Komet Halley.

Seorang ilmuwan tata ruang asal Inggris, Dr. Maggie Aderin Pocock menyatakan meteor tersebut memiliki ukuran yang tidak lebih besar dari sebuah genggaman tangan. “Api hijau atau biru yang dipancarkan oleh meteor tersebut menunjukkan adanya kandungan tembaga,” jelasnya.


Meteor pertama kali terlihat di Inggris selatan timur kemudian secara bertahap mengarah ke arah barat utara. Adapun laju kecepatan meteor tersebut mencapai hingga sekira 150 ribu mph (meter per hour).

Bola api akan menjadi salah satu dari sekian banyak bintang jatuh yang melintasi langit malam. Peristiwa ini akan terjadi sebanyak dua kali setiap tahunnya.

Pocock juga menambahkan bahwa meteor ini masih akan melesat di langit sampai 20 Mei mendatang. Akan tetapi, intensitasnya menurun dan hanya akan terlihat ketika langit malam dalam kondisi cerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...