Sabtu, 06 April 2013

Foto Parasut NASA Curiosity Terdampar di Mars



NASA Mars Reconnaissance Orbiter menangkap sebuah gambar parasut yang pernah digunakan NASA Curiosity ketika ia mendarat di planet merah. Dalam sebuah foto, terungkap parasut tersebut tetap berada di permukaan Mars sejak Agustus 2012 sampai Januari 2013.

Dilansir Telegraph, Jumat (5/4/2013), dalam sebuah video yang menunjukkan urutan gambar secara periodik, NASA memperlihatkan bahwa terdapat perubahan bentuk parasut setidaknya dua kali. High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) menangkap parasut besar tersebut.

Pergerakan orbiter kamera Mars Reconnaissance Orbiter memperlihatkan adanya perubahan bentuk pada parasut yang terdampar di Mars. Badan antariksa asal Amerika Serikat menggunakan HiRISE untuk mengamati berbagai perubahan lingkungan planet merah.

Operasi peralatan HiRISE berasal dari University of Arizona di Tucson. Parasut Curiosity adalah terbesar dari jenisnya yang pernah dibangun dengan diameter 65 kaki (sekira 20 meter).

Parasut ini untuk membantu misi ekspedisi Curiosity senilai USD2,5 miliar ke permukaan Mars. Curiosity juga telah meneliti berbagai material Mars, termasuk tanah, atmosfer serta bebatuan Mars. Robot berpenggerak enam buah roda ini ditugaskan untuk mencari bukti terkait kehidupan mikroorganisme di Mars.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...