Selasa, 02 April 2013

Singa Laut Ini Mampu Joget Mengikuti Irama





Seekor singa laut yang diteliti oleh peneliti dari University of California, Santa Cruz, menunjukkan bahwa hewan tersebut memberikan respon terhadap suara musik. Pada pengujian yang dilakukan di sebuah penangkaran, mamalia tersebut mampu mengikuti irama ketukan musik.

Dilansir Popsci, Selasa (2/4/2013), singa laut bernama Ronan ini merupakan penari yang sangat kompeten. Menurut pelatihnya, singa laut betina ini merupakan mamalia pertama yang secara independen dapat menjaga sebuah ketukan (beat) musik.

Tidak hanya singa laut, peneliti juga sebelumnya telah melakukan pengamatan pada burung beo dan burung lainnya. Unggas tersebut dikenal mampu menari dan menjaga ketukan irama.

Peneliti sebelumnya menduga apakah hanya burung beo yang memiliki kemampuan mengenal irama. Peneliti yang melakukan pengamatan pada hewan ini mengungkapkan, kapasitas untuk mimikri (tindakan meniru) vokal merupakan prasyarat untuk mengenali sebuah ketukan irama.

Meskipun singa laut tidak memiliki bakat paling vokal seperti yang bisa dilakukan burung beo, namun Ronan berhasil dilatih untuk dapat menggerakan kepalanya sepanjang irama. Peneliti juga mengabadikan kemampuan joget singa laut ini dalam video yang diunggah ke YouTube.

Hal unik memang bisa ditemui pada hewan yang satu ini. Singa laut, seperti yang diberitakan sebelumnya dikabarkan "berpetualang" di jalanan kota. Hewan dengan bobot setengah ton ini merangkak keluar dari perairan di daerah wisata pantai Balneario Camboriu, Santa Caterina, Brazil.

Uniknya, hewan sepanjang tiga meter ini menyeberang di zebra cross sesuai dengan rambu lalu lintas. Polisi dan petugas pemadam kebakaran setempat melihat kejadian ini menyiramkan air ke jalanan untuk membuat tubuh singa laut ini tetap basah.

Wikipedia menerangkan, singa laut termasuk hewan mamalia dan vertebrata (hewan bertulang belakang) yang umumnya banyak terdapat di lautan Pasifik Utara.

Selain itu, singa laut merupakan hewan pemangsa yang makanan utamanya adalah hewan laut seperti, ikan serta kerang-kerangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...