Rabu, 17 April 2013

Kamera Berkecepatan Tinggi Tangkap Detail Salju



 Peneliti dari University of Utah mengembangkan sistem kamera berkecepatan tinggi. Kamera tersebut bisa menangkap gambar butiran salju dengan detail yang sangat tinggi.

Dilansir Phys, Rabu (17/4/2013), sistem tiga kamera yang dikembangkan peneliti dari Amerika Serikat ini menunjukkan gambar butiran salju yang sedang jatuh. Peneliti menghabiskan dua musim dingin untuk memotret butir salju dengan hasil foto 3D tersebut.

"Hingga munculnya perangkat kami, tidak ada instrumen yang baik untuk secara otomatis memotret bentuk dan ukuran kepingan salju," kata Tim Garrett, seorang profesor ilmu atmosfer.

Ia menjelaskan, tim memotret salju ini dalam kondisi ketika melayang di udara. Butiran salju ini tidak tersentuh sedikitpun oleh perangkat apapun, sehingga tampilan butiran salju secara alami terlihat di udara.

"Simetris sempurna ini, terdiri dari kepingan salju enam sisi. Sangat indah yang sangat langka," ungkapnya. Ia menjelaskan, salju hampir tidak pernah terdiri dari butiran tunggal, kristal sederhana.

Akan tetapi, butir salju tersebut menempel atau berbenturan dengan jutaan tetesan air dan membeku di permukaannya. Ini menjadikan sebuah butiran es kecil yang dikenal dengan nama 'graupel' atau kepingan salju yang bertabrakan dengan kepingan salju yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...