Senin, 01 April 2013

Teleskop Herschel Tangkap Objek Unik Diluar Angkasa




Teleskop luar angkasa Herschel telah menangkap objek unik di luar angkasa, yang menampilkan awan pembentuk bintang berwarna-warni. Disebut W3, awan pembentuk bintang yang besar ini diabadikan oleh teleskop Herschel di observatorium luar angkasa ESA (European Space Agency).

Dilansir Astronomynow, Senin (1/4/2013), observatorium luar angkasa Herschel milik ESA ini berusaha menjelaskan bagaimana bintang masif dapat terbentuk. W3 merupakan awan molekul raksasa yang mengandung pembibitan bintang besar.

Kabarnya, awan molekul ini berjarak 6200 tahun cahaya dalam Perseus Arm, yang merupakan salah satu lengan spiral utama milik Galaksi Bima Sakti. Membentang hampir 200 tahun cahaya, W3 merupakan salah satu formasi bintang terbesar.

W3 juga sebagai induk formasi dari bintang bermassa rendah dan tinggi. Bintang bermassa tinggi tersebut kabarnya delapan kali lipat lebih besar ketimbang massa matahari.

Adanya kepadatan, simpul biru cerah dari debu panas menandai pembentukan formasi bintang masif yang ada di kiri atas pada gambar. Terdapat radiasi dari bintang yang baru tumbuh dan memanaskan di sekitar debu dan gas.

Proses tersebut menyebabkan munculnya sinar terang dalam bidikan teleskop Herschel yang dibekali kemampuan inframerah. Dengan mempelajari dua wilayah pembentukan bintang masif, yakni W3 Main dan W3 (OH), ilmuwan membuat progres dalam memecahkan teka-teki dalam kelahiran bintang-bintang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...